HUT RI

Terimakasih atas kunjungan anda!!!

Jumat, 12 Juni 2015

Pemkab Akan Meluncurkan Batik Khas Lebak

Bupati Lebak, Iti Octavia Jayabaya belajar membatik menggunakan canting.

 (doc Foto. Humas)



LEBAK - Sejak ditetapkan oleh UNESCO  sebagai warisan budaya dunia, pada 2 Oktober 2009 yang sekaligus diperingati sebagai hari batik nasional setiap tahunnya, popularitas serta pamor batik semakin meningkat pesat, tidak hanya di negeri ini namun juga belahan dunia lainnya, sudah banyak yang mengenal bahkan memakai batik sebagai bahan busananya.

Kabupaten Lebak akan meramaikan khasanah perbatikan di Nusantara, motif batik Lebak ini memiliki ciri khas khusus yang mencerminkan budaya Daerah, tidak kurang dari 12 motif batik yang akan segera diperkenalkan kepada masyarakat.

Menurut Bupati Lebak, Hj. Iti Octavia Jayabaya Batik khas Lebak ini akan di launching pada HUT Lebak pada tanggal 2 Desember 2015 mendatang.

Hj. Iti Octavia Jayabaya berharap Batik Khas Lebak ini segera dikenal diseluruh nusantara bahkan manca Negara sehingga dapat menjadi kebanggaan masyarakat Lebak, bupati juga yakin kalau keindahan motif dan corak batik khas Lebak ini akan mudah untuk diterima pasar, yang berimbas kepada kesejahteraan masyarakat sesuai dengan program yang dicanangkannya yaitu Program Lebak Sejahtera.

“Motif batik khas Lebak memiliki ciri khusus yang menjadi pembeda dengan batik yang lainnya, motif dan coraknya sangat memukau”  Kata Iti Octavia Jayabaya, Kepada wartawan, setelah membuka Workshop Pengenalan Teknologi Batik “Pembinaan Industri Kecil dan Menengah dalam Memperkuat Jaringan Claster 2015” di Rangkasbitung, Lebak, Banten pada Kamis (11/6/2015). Iti Octavia Jayabaya juga menjelaskan Corak batik khas Lebak ini mencerminkan kehidupan dan budaya masyarakat dan sumberdaya alam Kabupaten Lebak, seperti  leuit (lumbung padi), bambu, batu kalimaya dan lain-lain yang menjadi icon daerah ini.

Sebagai bentuk komitmen dan keseriusan Pemerintah Daerah Kabupaten Lebak akan melakukan pembinaan terhadap para pengusaha kecil dan menengah di Lebak.

 “Kami akan melakukan pembinaan kepada para pengrajin batik dan akan membatu dalam pemasarannya melalui Disperindag” Ujarnya.  (Hms)